Sayangi Mata Anda

BERINTERAKSI dengan layar Tv,  Ponsel maupun Komputer mungkin termasuk pengalaman menyenangkan bagi Anda. Tapi, hati-hati, mata Anda mungkin terlalu lelah atau sebenarnya tak cukup kuat untuk berinteraksi dengan layar ponsel dalam tempo relatif lama.
Menurut Dr. Jeffrey Anshel, pakar kesehatan mata dan penulis buku Smart Medicine for Your Eyes, belakangan ini makin banyak orang menghabiskan wak­tu lebih lama untuk fokus pada layar per­angkat digital/elektronik seperti ponsel, komputer, dan TV. Padahal, aktivitas ini berpotensi menyebabkan digital eye atau kerusakan mata permanen karena terlalu lama kontak dengan layar dari perangkat-perangkat digital.

Berikut ini tips dari Dr. Anshel agar mata Anda tetap sehat dan terhindar dari digital eye:

  1. Seringlah berkedip, tarik napas pan­jang, dan istirahatkan mata Anda. Saat mata Anda menatap layar komputer atau layar ponsel, Anda berkedip 2-3 kali lebih jarang ketimbang dalam situasi normal. Ini bisa menyebabkan Anda mengalami dry eye alias kekeringan mata. Hati-hati, kondisi ini berpotensi menyebabkan mata Anda mengalami kerusakan permanen. Jadi, sering-seringlah berkedip, sesekali tarik napas panjang untuk ’melepas’ kon­sentrasi mata Anda dari layar dan sesekali pula alihkan pandangan ke obyek di luar layar ponsel/komputer/TV Anda.
  2. Gunakan rumus 20/20/20. Setiap 20 menit, alihkan pandangan ke obyek ber­jarak setidaknya 20 kaki (sekitar 6 meter) dari mata Anda selama 20 detik.
  3. Konsultasi dengan dokter mata. Dok­ter akan tahu apakah mata Anda punya cu­kup ’kekuatan’ untuk berinteraksi dengan layar ponsel/komputer/televisi dalam tem­po relatif lama. Jika mata Anda tak cukup kuat, dokter mungkin menyarankan Anda menggunakan lensa kontak atau kaca­mata setiap kali berinteraksi dengan layar ponsel/komputer/TV, guna mengurangi tekanan terhadap mata dan menghindari kerusakan mata permanen.
  4. Lakukan pemeriksaan berkala untuk memonitor efek kontak mata dengan layar ponsel/komputer/TV terhadap tingkat ke­sehatan mata Anda dari tahun ke tahun.
  5. Tekanan terhadap mata acap ter­jadi akibat kondisi pencahayaan. Kondisi yang menyilaukan, atau kurang cahaya bisa merusak mata Anda. Jadi, sesuai­kan pencahayaan di ruang tempat Anda melakukan kontak dengan layar ponsel/ komputer/TV. ayo 


Sumber Info : www.tabloid-ponsel.com

Post : Sayangi Mata Anda
Rating : 4.5

Terima kasih telah membaca artikel tentang Sayangi Mata Anda, Semoga artikel dari Mobile Trick bermanfaat untuk anda.

Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan artikel kami :

» Artikel lain yang mungkin ingin anda baca :
Posted by : Unknown - Mobile Trick

Silahkan Tuliskan Komentar Anda

Kritik & Saran !!!

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))